Call us
{+62 21} 7191612
21
Apr
Hotel Harris Tebet
Jakarta
09:00 - 16:30
Rp. 4.000.000,-

Supplier Performance Measurement

Date :
Tuesday, 21-04-2015 - Wednesday, 22-04-2015 
09:00 AM - 04:30 PM

 

Seminar/Training Description :
Bagi sebagian industri, Supplier ataupun Vendor hanyalah perusahaan yang memasok produk ataupun jasa yang berada diluar organisasi yang perannya terkadang kurang diperhitungkan. Tetapi dengan semakin ketatnya kompetisi global, maka peran supplier ataupun vendor adalah hal yang begitu penting bagi kesuksesan organisasi.

Dalam era standarisasi sekarang, vendor dituntut untuk selalu lebih baik tidaklah cukup. Super Vendor yaitu vendor yang mampu menunjukan kinerja terbaiknya tidaklah datang dengan tiba-tiba, diperlukan suatu sistem yang komprehensif yang mampu mengukur dan mengembangkan kinerja vendor sehingga kinerja vendor selalu menjadi lebih baik dan akhirnya menjadi Super Vendor. 

Dalam training ini, peserta tidak hanya dibekali konsep dan teori dalam melakukan pengukuran dan pengembangan kinerja Supplier atau Vendor tetapi peserta juga akan mempraktekan metoda pendukung yang digunakan seperti teknik incoming inspection, teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar serta teknik meningkatkan kinerja Supplier.


Sasaran Pelatihan :

  • Mempelajari Konsep: Pengukuran Kinerja Vendor - Sebuah Proses Standar Organisasi berbasis Continuous Improvement
  • Mempelajari dan mempraktekan Sistem Penilaian Kinerja Supplier secara objective dan terlacak
  • Mempelajari Sistem Pengembangan Supplier yang berkelanjutan

Metode Pelatihan :
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan serta pemutaran video.

Trainer :
Iwan Nova, MBA, CPIM, CSCP

Pengalaman 17 tahun dalam bidang manufacturing beberapa perusahaan MNC seperti Mitsubishi Electric, Sony, Mattel, Pirelli Cables. Lulus dari ITB teknik elektro dan mendapatkan MBA dari Monash University . 

Memperoleh sertifikat CPIM (Certified Production Inventory Management) yang dikeluarkan oleh APICS (American Production Inventory Control Society) pada Ju ni 2005. Iwan pernah mengikuti berbagai short courses di manca negara seperti di Amerika, Malaysia, Jepang dan China . Ia telah memberikan berbagai topik trai ning dalam area operation management di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.

Rahmat Noviandi, MBA, CSCP
S1 lulus dari Teknik Industri ITB dan S2 lulus dari MBA UGM mendapatkan CSCP (Certified Supply Chain Professional) yang dikeluarkan oleh APICS (Association for Operation Management - USA), pada tahun 2012. Berpengalaman dalam bidang Operation Management di beberapa MNC companies seperti sector Power & Energy (Wartsila Indonesia), FMCG (PZ Cusson, SC Johnson Bayer (JHHP)), Pharmaceutical Distribution company (Dexa Medica Group, Pharmaniaga Malaysia Group), Electronic Manufacturing Company (Sanken Indonesia).

Mengikuti berbagai training di dalam dan di luar negeri dan juga aktif memberikan training di bidang Operation Management. Area keahlian di bidang SCM, Purchasing Management, Transportation, Distribution, Export Import, Project Procurement, Project Logistics, QHSE. 

Outline :
Hari pertama

  • Memahami tujuan supplier performance management
  • Memahami total cost ownership (TCO)
  • Cara menyusun rencana mengukur performance supplier & melakukan feedback untuk perbaikan
  • Cara melakukan segmentasi supplier

Hari kedua

  • Menyusun kriterian pengukuran
  • Metode pengukuran
  • Menentukan alat ukur
  • Memberikan feedback
  • Mengenal VPI - Vendor Performance Index, Sebuah Tool Untuk Mengenal Vendor secara Objective
  • Latihan dengan excel untuk mengukur index performance vendor

 

 


Contact Us at
{+62 21} 7191612
Send Email
reg@aspriseminar.com
Or go to our Contact Page